32 Warga Curug Terima Uang Ganti Kerugian Proyek Tol Jakarta – Cikampek II

PENERIMAAN. Salah satu pemilik lahan yang terkena proyek Jalan Tol Jakarta –Cikampek II Sisi Selatan, yakni Tani, warga desa Curug kecamatan Klari-Karawang (tengah), berpose bersama usai menerima Uang Ganti Kerugian (UGK) Rp Rp 798.763.399, selasa (8/10) di Aula Kantor Pertanahan Karawang. Tampak ikut berpose, Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan, Dedi Krisnariawan Sunoto, Ketua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Japek II Selatan II, dan Ketua Pelaksana Pengadaan Tanah (P2T) Kabupaten Karawang. // foto : ist //

0
2934

KARAWANG – Pembayaran ganti kerugian atas lahan yang terkena  dampak proyek pengadaan tanah untuk Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Sisi Selatan,  kembali dilakukan PT Jasa Marga Japek Selatan (JJS). Kali ini, giliran 32 orang, yang terdiri dari 5 pemilik tanah dan 27  penggarap  asal desa Curug Kecamatan Klari, Kabupaten Karawan yang menerima  pembayaran Uang Ganti Kerugian (UGK), selasa kemarin (8/10) pukul 10 di ruang Aula Kantor Pertanahan Karawang.

Kelima pemilik lahan  di desa Curug yang mendapatkan UGK itu adalah Tani  dengan luas lahan 1.112  M2  UGK Rp  798.763.399,  Nasita Bt Sar’an dengan luas lahan 465 M2  UGK Rp 297.477.743, Encar  dengan luas lahan 638 M2  UGK Rp 432.151.947,  Endang Stardi dengan luas lahan 121 M2  UGK Rp 248.779.455, dan Ruhiyat dengan luas lahan 244 M2  mendapatkan UGK Rp 406.508.744.

 “Kami lakukan pemberian uang ganti kerugian  kepada warga desa Curug-Karawang, untuk mengejar target  penyelesaikan ganti rugi lahan yang terkena proyek  jalan tol Jakarta –Cikampek II Sisi Selatan. Karena kami ditargetkan 2020 ini sudah bisa selesai,”ujar Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan, Dedi Krisnariawan Sunoto, saat memberikan sambutan pada pemberian UGK di Aula kantor Pertanahan Karawang.

Selain di Karawang, Tol Jakarta-Cikampek II Selatan juga melintasi sejumlah kabupaten kota, seperti Bekasi  dan Kabupaten Purwakarta, sepanjang 62 kilometer. Saat ini, pengerjaan konstruksi jalan tol sudah mulai dilaksanakan di wilayah Purwakarta.

Pada acara pembayaran ganti kerugian lahan tersebut,  dipimpin langsung Ketua Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Japek II Selatan II bersama Ketua Pelaksana Pengadaan Tanah (P2T) Kabupaten Karawang, dan diikuti 32 penerima UGK.

Seperti diketahui, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui kelompok usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS), akan mengembangkan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan. Hingga saat ini, pembebasan lahan  terus dilakukan,  dan ditargetkan tahun ini selesai.

 Jalan tol ini rencananya akan dibangun sepanjang 62 kilometer dan terbagi menjadi 3 seksi, yaitu Seksi 1 mulai dari Jati Asih menuju Setu sepanjang 9,3 kilometer. Kemudian Seksi 2 dari Setu menuju ke Taman Mekar sepanjang 24,85 kilometer dan Seksi 3 dari Taman Mekar menuju Sadang-Purwakarta sepanjang 27,85 kilometer.

Adanya jalan tol ini diharapkan dapat memangkas waktu perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan. Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ini pun juga akan terhubung dengan JORR II dan Jalan Tol Cipularang. Dengan demikian, biaya logistik dan distribusi barang dari dan menuju ke wilayah yang dilalui jalan tersebut dapat dihemat. (mak)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini